FIFA yang secara resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah mengubur dalam-dalam mimpi para punggawa skuad Garuda Muda untuk tampil di ajang terbesar sepakbola kelompok umum tersebut. Oleh karena itu, kesedihan para pemain timnas U20 Indonesia tidak dapat dibendung lagi. Tidak sedikit para punggawa timnas U20 yang melampiaskan kesedihannya melalui media sosial. 

Baca Juga: Terungkap! Ini Penyebab Batalnya Piala Dunia U20

Batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 memang menimbulkan kesedihan mendalam di dalam hati para pecinta sepakbola tanah air. Bahkan, STY yang menjadi juru racik skuad Garuda Muda juga tidak bisa menahan kesedihannya. Setelah menerima kabar Piala Dunia U20 batal dilaksanakan di Indonesia, STY memilih berdiam diri di kamar. Sang pelatih asal Korea Selatan tersebut tidak ingin memperlihatkan kesedihannya kepada para pemain yang juga sedang bersedih.

Batalnya Piala Dunia U20

Kesedihan Para Pemain Timnas U20 Indonesia
Batalnya Piala Dunia U20

Sebelum FIFA mengumumkan secara resmi bahwa status tuan rumah Indonesia dicabut, sudah ada beberapa rumor yang beredar. Hal ini bermula saat drawing Piala Dunia yang seharusnya dilakukan di Bali dibatalkan oleh FIFA. Disebutkan, FIFA meminta jaminan keselamatan peserta mengingat terjadi penolakan di mana-mana terkait kedatangan Timnas Israel termasuk Gubernur Bali dan Gubernur Jawa Tengah. 

Kondisi yang kian tidak stabil akhirnya membuat Presiden Jokowi turun tangan. Presiden Jokowi melalui kanal Sekretariat Presiden mengatakan bahwa menerima kedatangan timnas Israel U20 dan tidak mencampur adukkan olahraga dengan politik. Presiden Jokowi juga mengirim ketua umum PSSI Erick Thohir untuk melakukan komunikasi langsung dengan Presiden FIFA. 

Namun sayangnya, pertemuan Erick Thohir dengan Presiden FIFA tidak membuahkan hasil yang baik. Disebutkan, FIFA tidak bisa mundur dari keputusannya karena memiliki prinsipnya sendiri. Oleh karena it, tidak lama kemudian rilis pernyataan resmi yang menyatakan status tuan rumah Indonesia dibatalkan. 

Kesedihan Para Pemain Timnas U20 Indonesia

Kesedihan Para Pemain Timnas U20 Indonesia
Kesedihan Para Pemain Timnas U20 Indonesia

Seharusnya, skuad Garuda Muda sedang melakukan pemusatan latihan di Jakarta dan akan bertolak ke Korea Selatan. Namun, kabar batalnya Piala Dunia U20 membuat semua rencana ini batal dilaksanakan. Oleh karena itu, kesedihan para pemain timnas U20 Indonesia 

Tidak sedikit kesedihan para pemain timnas U20 Indonesia ini diluapkan ke akun Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo. Diketahui, Ganjar Pranowo menjadi salah satu pejabat yang menolak kedatangan Israel sehingga menjadi biang kerok batalnya Piala Dunia. 

Salah satu pemain Garuda Muda Arkan Fikri ikut berkomentar di akun Instagram Ganjar Pranowo. Arkan Fikri mengatakan Terimakasih ke Pak Ganjar karenalah orang tuanya tidak bisa jika memiliki anak yang bisa bermain di Piala Dunia. Tidak lupa Arkan juga menambahkan emoji patah hati tanda rasa kesedihan. 

Baca Juga: Ambisi STY Usai Indonesia Dinyatakan Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Selain Arkhan Fikri, masih banyak lagi pemain-pemain timnas U20 lainnya yang ikut berkomentar seperti Hokky Charaka hingga Marselino Ferdinand. Kurang lebih semuanya menyampaikan kesedihannya karena batalnya Piala Dunia yang disebabkan oleh penolakan Ganjar Pranowo. 

Share.

Leave A Reply