Pensiunnya pemain senior Prancis Hugo Lloris membuat posisi kapten timnas Prancis kosong. Didier Deschamps yang menjadi pelatih Prancis saat ini tentu menunjuk pemain lain untuk menggantikan posisi Hugo Lloris. Pelatih yang berhasil mengantarkan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 menunjuk Kylian Mbappe sebagai kapten timnas Prancis yang baru. 

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Euro 2024, Ada Big Match Italia vs Inggris

Kylian Mbappe pun akan memimpin skuad Ayam Jantan di kualifikasi Euro 2024 melawan Belanda dan Republik Irlandia. Akan tetapi, penunjukkan Kylian Mbappe sebagai kapten timnas Prancis ini menimbulkan pro kontra. Usainya yang baru menginjak 24 tahun membuat banyak pihak tidak setuju Mbappe menjadi kapten baru. Beberapa pihak menilai masih ada pemain senior lain yang bisa menjadi kapten. 

Kritik Atas Penunjukkan Kapten Timnas Prancis

Kapten Timnas Prancis
Kritik Atas Penunjukkan Kapten Timnas Prancis

Salah satu pihak yang kontra terhadapan penunjukkan Mbappe sebagai kapten yaitu Robert Pires. Legenda sepakbola Prancis tersebut menilai Deschamps tidak menghormati Antoine Griezmann. Menurutnya, Antoine Griezmann lebih layak menjadi kapten timnas Prancis yang baru. 

Robert Pires menyebutkan bahwa Antoine Griezmann sudah bertahun-tahun berada di timnas Prancis. Tidak hanya itu, Robert Pires juga menyebut bahwa Antoine Griezmann juga memiliki caps terbanyak dibandingkan Mbappe. Secara statistik, memang Antoine Griezmann mencatatkan 117 caps sedangkan Mbappe hanya 66 caps saja. 

Dalam hal ini, Robert Pires menyebutkan bahwa Dechams tidak memiliki rasa hormat kepada Antoine Griezmann yang lebih banyak mengabdi pada timnas Prancis. Walaupun begitu, Robert Pires mengatakan bahwa dirinya tidaklah membenci Mbappe. Dia hanya merasa Antoine Griezmann harus dihormati sebagai seorang senior. 

Bahkan, dikabarkan Antoine Griezmann sempat kecewa atas keputusan sang pelatih tersebut. Dalam beberapa media, Antoine Griezmann merasa kecewa dan memutuskan untuk pensiun dari timnas Prancis. Akan tetapi, kabar ini masih belum dapat dipastikan. 

Menurut rekan senegaranya Konate, kabar yang beredar tentang Antoine Griezmann tidaklah benar. Konate menyebut bahwa Antoine Griezmann tidak terlihat kecewa. Bahkan Konate juga mengatakan penunjukkan Mbappe sebagai kapten timnas Prancis yang baru sudah tepat. Apa yang dilakukan Mbappe di Piala Dunia 2022 membuatnya pantas untuk posisi tersebut. 

Alasan Mbappe Dipilih Sebagai Kapten Timnas Prancis

Kapten Timnas Prancis
Alasan Mbappe Dipilih Sebagai Kapten Timnas Prancis

Didier Deschamps menyebutkan bahwa Mbappe akan menjadi kapten baru. Lalu Antoine Griezmann akan menjadi wakil kapten timnas Prancis. Menurut Didier Deschamps, penunjukkan ini sudah tepat. Mbappe dinilai memiliki semua kriteria untuk bisa mengemban tanggung jawab seorang kapten. Baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan, Mbappe dinilai bisa menjadi pemersatu. 

Baca Juga: Update Klasemen Liga Inggris Jelang FIFA Matchday, Arsenal Masih No 1

Konate juga memberikanpernyataan terkait penunjukkan Mbappe sebagai kapten timnas Prancis baru. Menurutnya, penunjukkan ini merupakan keputusan pelatih dan dia merasa senang. Konate menyebutkan bahwa mereka sudah sepakan Mbappe menjadi kapten baru. Disebutkan juga, Mbappe merupakan pemimpin yang baik dan suka tertawa. 

Share.

Leave A Reply