Timnas Indonesia U-20 sudah mulai mempersiapkan diri jelang Piala Dunia U-20. Skuad Garuda Muda ini saat ini sedang berfokus untuk turnamen selanjutnya pada bulan Mei mendatang. Sebelumnya, skuad Garuda Muda ini melakoni turnamen Piala Asia U-20 di Uzbekistan namun terpaksa pulang duluan karena gagal lolos dari babak grup. 

Baca Juga: Intip Persiapan Piala Dunia U-20 yang Diselenggarakan Mei Mendatang

Shin Tae Yong selaku pelatih timnas U-20 mengatakan bahwa anak asuhnya sudah memiliki permainan yang cukup baik di Piala Asia U-20. Sayangnya, skuad Garuda Muda belum mampu mencetak go lebih efektif sehingga harus tumbang lebih dulu. Hilangkan beberapa pemain andalannya juga menjadi faktor penting skuad Garuda Muda kalah lebih dulu.

Persiapan Timnas Jelang Piala Dunia U-20

Jelang Piala Dunia U-20
Persiapan Timnas Jelang Piala Dunia U-20

Lantas persiapan apa yang dilakukan oleh timnas jelang Piala Dunia U-20? Shin Tae Yong selaku pelatih sepertinya akan mengumpulkan semua skuad Garuda Muda untuk training center jangka panjang. Dikabarkan, skuad Garuda Muda akan melakoni training center di Korea Selatan mulai akhir Maret 2023 ini. 

Di sisi lain, PSSi kabarnya siap memberikan dukungan penuh agar skuad Garuda Muda mampu memberikan hasil terbaik di Piala Dunia U-20. Salah satu dukungan PSSI yaitu membantu menggelar pemusatan latihan atau training center agar lebih kondusif. 

Tidak hanya itu, PSSI juga akan membantu komunikasi dengan klub yang menampung para punggawa skuad Garuda Muda. Diketahui, beberapa klub keberatan melepaskan pemain mudanya dalam jangka waktu yang cukup panjang karena sedang dibutuhkan di klub. Klub yang menolak yaitu Persib Bandung dan Persija Jakarta karena menyumbang cukup banyak pemain. 

PSSI juga dikabarkan akan melakukan komunikasi dengan klub eropa yang menampung punggawa timnas. Salah satunya yaitu KMSK Deinze yang merupakan klub Marselino Ferdinand. Sebelumnya, klub asal Belgia tersebut tidak melepaskan Marselino Ferdinand dalam Piala Asia U-20. Marselino merupakan pemain penting sehingga kehadirannya di Piala Dunia akan sangat berpengaruh 

Kabar Buruk dari Skuad Timnas

Jelang Piala Dunia U-20
Kabar Buruk dari Skuad Timnas

Jelang Piala Dunia U-20, ada kabar buruk dari skuad Garuda Muda. Zanadin Fariz yang menjadi andalan pelatih Indonesia Shin Tae Yong mengalami cedera yang cukup buruk. Bahkan cedera yang dialami oleh Zanadin Fariz akan membuatnya absen di Piala Dunia U-20 pada Mei mendatang. 

Zanadin Fariz mengalami cedera saat skuad Garuda Muda menghadapi Guatemala pada laga uji coba. Awalnya, cedera yang dialami oleh Zanadin Fariz tidak terlalu parah sehingga Shin Tae Yong membawanya ke Piala Asia U-20. Sayangnya, cedera Zanadin Fariz kambuh saat skuad Garuda Muda sudah tiba di Uzbekistan. 

Baca Juga: Ketahui! Berikut Daftar Peserta Piala Dunia U-20?

Karena cedera ini, Zanadin Fariz lalu dipulangkan ke Indonesia. Setibanya di Indonesia, Zanadin Fariz menjalani sejumlah rangkaian pemeriksaan. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa cedera sang pemain cukup parah. Diketahui, Zanadin Faris mengalami cedera robek ACL dan harus menjalani tindakan operasi. Kondisi inipun membuat Zanadin Faris harus menepi sekitar 8 bulan ke depan. 

Share.

Leave A Reply