Bagi pecinta bola bundar, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah dalam sepak bola. Namun, bagi orang awam mungkin masih bingung dengan istilah-istilah dalam sepak bola. Agar bisa menikmati sebuah pertandingan sepak bola, ada baiknya untuk Anda memahami terlebih dahulu istilah-istilah sepak bola. 

Baca Juga: Lakukan Latihan Jadi Striker Berikut Untuk Bisa Cetak Banyak Gol

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui beberapa istilah dasar sepakbola seperti offside, freekick, penalti, VAR dan lainnya. Namun, beberapa dari Anda mungkin masih awam dengan istilah yang digunakan dalam sebuah permainan. Oleh karena itu, di bawah ini sudah disiapkan beberapa istilah-istilah dalam sepak bola yang perlu diketahui. 

Istilah-Istilah Dalam Sepak Bola

Istilah-Istilah Dalam Sepak Bola
Istilah-Istilah Dalam Sepak Bola

Lantas apa saja istilah-istilah dalam sepak bola tersebut? Tidak perlu berlama-lama, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui beberapa istilah-istilah dalam sepak bola. 

  • Crossing

Istilah pertama yaitu crossing yang merupakan salah satu teknik passing atau mengumpan. Crossing merupakan istilah yang digunakan saat memberikan umpan dari sisi lapangan ke sisi lapangan lain. Umunya, crossing dilakukan dengan mengirim bola ke bagian tengah lapangan. 

Teknik ini umumnya digunakan para pemain sayap untuk mengirimkan bola ke pemain yang berada di dalam kotak penalti. Para pemain sayap akan mengirim umpan yang melambung ke atas yang bertujuan agar pemain yang berada di dalam kotak penalti menyambutnya dengan tandukan. 

  • Cut Inside

Istilah yang selanjutnya yaitu cut inside atau gerakan masuk ke area tengah lapangan. Pemain-pemain yang melakukan teknik ini merupakan pemain yang diposisikan tidak sesuai dengan kaki terkuatnya. Contohnya pemain kaki kanan ditempatkan di sisi kiri lapangan. Untuk bisa melakukan tembakan yang full power, pemain akan bergerak ke tengah atau disebut dengan cut inside. 

Namun teknik cut inside ini tidak hanya bertujuan untuk melakukan tembakan. Ada banyak tujuan dari teknik cut inside ini mulai dari membuka ruang, memberikan umpan terobosan hingga memberikan umpan silang. Salah satu pemain yang sangat sering menggunakan teknik ini yaitu Arjen Robben. 

  • Diving Header

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah header atau tandukan. Namun bagaimana dengan istilah diving header? Sebenarnya, ada beberapa teknik dalam menanduk yaitu standing header, jumping header dan diving header. Untuk teknik standing header, seorang pemain hanya berdiri lalu menyambut bola dengan tandukan. Lalu untuk jumping header, seorang pemain akan berusaha menanduk bola dengan melompat.

Dari ketiga teknik header tersebut, diving header merupakan yang paling sulit. Bagaimana tidak, diving header menuntut seorang pemain menggerakan seluruh tubuhnya. Untuk melakukan diving header, seorang pemain harus berani karena bisa saja beradu dengan kiper ataupun kaki pemain bertahan. Hal ini karena diving header dilakukan dalam kondisi apapun meskipun bola hendak menyentuh tanah. 

  • Overlapping

Overlapping merupakan teknik yang sering dilakukan oleh para pemain bertahan. I mana, saat pemain bertahan menggiring bola meninggalkan pos pertahannya hingga melewati garis tengah lapangan. Dalam artian lain, overlapping juga diartikan sebagai gerakan seorang pemain paling luar baik di sisi kiri atau kanan yang serang menguasai bola. 

  • Intercept

Saat menyaksikan sebuah pertandingan, terkadang ada tampilan yang menyebutkan intercept yang dilakukan seorang pemain. Namun, sebenarnya apa itu intercept? Intercept merupakan teknik yang digunakan untuk merebut bola dari lawan. Umumnya, teknik ini dilakukan oleh pemain bertahan yang mencoba mematahkan serangan lawan. Akan tetapi, pemain tengah dan depan juga perlu melakukannya agar bisa melakukan serangan balik cepat. 

  • Nutmeg

Sering mendengar kata nutmeg dalam sepakbola namun tidak tahu artinya? Nutmeg merupakan teknik menggiring bola melewati kedua kaki lawan. Lebih mudahnya, teknik ini juga sering disebut ngolongin. Walaupun terdengar sederhana, namun teknik ini cukup keramat. Pasalnya, pemain yang berhasil dikolongin akan jatuh harga dirinya. 

Baca Juga: Latihan Menjadi Pemain Bertahan Dan Pahami Tugasnya

Nah, itulah dia beberapa istilah-istilah dalam sepak bola yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan mengetahui beberapa istilah ini, Anda akan merasa lebih seru lagi saat menyaksikan sebuah pertandingan.

Share.

Leave A Reply