Pertandingan Indonesia vs Thailand yang berlangsung di Gelora Bung Karno berjalan cukup sengit. Indonesia berhasil unggul lebih dulu melalui gol Marc Klok dari titik putih di menit ke-50. Thailand lalu bermain dengan 10 pemain saja karena Sanrawat Dechmitr mendapatkan kartu merah. Sayangnya, bukannya menambah jumlah gol karena unggul jumlah pemain, tim Garuda justru kebobolan di menit 79. Skor 1-1 pun bertahan hingga pertandingan Indonesia vs Thailand usai. 

Baca juga : Gagal Cetak Gol ke Gawang Kosong, Witan Sulaeman Jadi Sorotan

Skor imbang ini pun membuat penentu siapakah yang mewakili grup A di semifinal akan ditentukan di pertandingan terakhir. Saat ini, ada tiga tim yang memiliki kemungkinan lolos ke semifinal yaitu Indonesia, Thailand dan Kamboja. Syarat Indonesia bisa lolos ke semifinal yaitu menang ataupun imbang melawan Filipina. Satu tiket lagi ditentukan dari pemenang dalam pertandingan Thailand vs Kamboja. 

Jalannya Pertandingan  Indonesia Vs Thailand

Jalannya Pertandingan  Indonesia Vs Thailand
Jalannya Pertandingan  Indonesia Vs Thailand

Dalam pertandingan yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Thailand memiliki penguasaan bola lebih banyak mencapai 60%. Namun Indonesia mampu menciptakan peluang-peluang yang lebih berbahaya. Tercatat, Indonesia melepaskan 10 tembakan dan 3 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Thailand melepaskan 7 tembakan dan hanya 1 yang tepat sasaran. 

Lantas bagaimanakah sengitnya jalannya pertandingan Indonesia vs Thailand tersebut?  Untuk lebih jelasnya, berikut ini telah disajikan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan Indonesia vs Thailand. 

Babak Pertama

Pertandingan baru berjalan beberapa detik, tim Garuda langsung memberikan tekanan ke pertahan Thailand. Bermula dari Dendy Sulistyawan menusuk  di sisi kiri apanganlau menyodorkan bola ke Egy Maulana. Egy Maulana lalu melepaskan crossing ke dalam kotak penalti dan coba disambar oleh Witan Sulaeman. Sayangnya,bola berhasil diamankan oleh Kittipong Phuthawchueak.

Di menit ke-22, giliran Thailand yang mendapatkan peluang cukup berbahaya melalui skema sepak pojok. Theerathon Bunmathan mengambil sepak pojok yang diarahkan ke tiang dekat. Bola berhasil disundul oleh Bordin Phala namun bola masih mengarah ke atas mistar gawang. 

Di menit ke-25, Indonesia kembali mengancam melalui lemparan ke dalam Arhan Pratama. Dari sisi kiri lapangan, Arhan langsung melempar bola ke mulut gawang dan ditinju saja oleh sang kiper. Bola kembali lagi ke Arhan lalu diteruskan umpan crossing ke tiang jauh. Bola berhasil disundul oleh Fachruddin Aryanto namun tidak tepat sasaran. 

Indonesia lagi-lagi mendapatkan peluang emas di menit ke-27. Berawal dari Witan Sulaeman yang menyerang dari sisi kanan lapangan lalu melepaskan umpan silang datar ke depan gawang. Bola seharusnya di sambar Egy Maulana, namun sayangnya sang pemain terlambat. 

Kini giliran Thailand yang melancarkan serangan di sisi kiri lapangan dan terpaksa Asnawi harus menjatuhkannya. Thailand pun mendapatkan tembakan bebas dari posisi yang cukup berbahaya. Beruntungnya, tembakan bebas Thailand tersebut gagal menjadi gol. 

Di menit ke-39, Witan Sulaeman mendapatkan peluang yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol. Bermula dari Marc Klok yang menyapu serangan Thailand di depan gawang. Bola meluncur jauh ke pertahanan Thailand sehingga sang penjaga gawang maju untuk mengambilnya. Witan Sulaeman memberikan pressing ketat dan berhasil mencuri bola dari kiper. 

Witan Sulaeman pun berada di posisi yang sangat bebas dengan kondisi gawang yang kosong. Namun sayangnya, Witan Sulaeman terlalu cepat melepaskan tembakan sehingga bola tidak meluncur ke dalam gawang melainkan mengenai tiang gawang. Peluang emas Witan Sulaeman pun sia-sia begitu saja meninggalkan lapangan permainan. 

Babak Kedua

Di menit ke-47, Asnawi melakukan pergerakan yang sangat berbahaya di sisi kanan lapangan. Usai menerima umpan panjang dari Marc Klok, Asnawi melakukan gerakan cut inside dan melepaskan sebuah tembakan. Tembakan Asnawi ini membentur pemain Thailand sehingga gagal mengarah ke gawang. 

Namun wasit melihat tembakan Asnawi ini mengenai tangan pemain Thailand sehingga wasit memberikan Indonesia hadiah pendali. Marc Klok maju sebagai eksekutor dan berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Indonesia pun berhasil unggul lebih dulu dari Thailand. 

Yakob Sayuri nyaris saja mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-74. Berkerja sama dengan Dendy, Yakob Sayuri mendapatkan umpan manis di dalam kotak penalti. Yakob Sayuri pun menyambut umpan tersebut dengan sepakan voli keras. Sayangnya, tembakan Yakob Sayuri melebar melebar ke sisi gawang. 

Hanya bermain dengan 10 orang saja, Thailand justru berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-79. Bermula dari Asnami yang terlalu lemah melakukan backpass sehingga berhasil dicuri oleh pemain Thailand. Thailand pun melancarkan serangan balik dan diakhir tembakan dari Sarach Yooyen. Tembakan tersebut sempat mengenai kaki Yakob Sayuri sehingga Nadeo terkecoh. 

Baca juga : Sang Legenda Dunia Pele Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan Indonesia vs Thailand telah selesai, tim Garuda tidak juga berhasil menciptakan gol kemenangan. Dengan begitu, tim Garuda tertahan imbang melawan Thailand yang hanya dengan 10 pemain saja. 

Share.

Leave A Reply