Indonesia berhasil menumbangkan Thailand U22 di final yang berlangsung di Stadion Olimpiade Phnom Penh dengan skor akhir 5-2. Dengan kemenangan ini, Indonesia raih medali emas di SEA Games 2023. Ini merupakan medali pertama Indonesia dalam 32 tahun. Terakhir kali indonesia meraih medali emas yaitu pada SEA Games 1991 Manila. 

Baca Juga: Duel Panas Indonesia U22 vs Thailand U22 di Final SEA Games Berakhir 5-2

Pertandingan yang menjadi penentu Indonesia raih medali emas SEA Games, berlangsung dengan tensi tinggi. Tercatat, ada belasan kartu kuning dan ada lebih dari 5 kartu merah yang keluar dari kantong wasit. Sempat juga terjadi adu pukul di pinggir lapangan yang membuat beberapa official tim mendapatkan kartu merah dari wasit. 

Kemenangan Dramatis

Indonesia Raih Medali Emas
Kemenangan Dramatis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pertandingan final SEA Games berlangsung dengan tensi yang sangat tinggi. Di akhir pertandingan, Indonesia bermain dengan 10 pemain, sedangkan Filipina hanya dengan 8 pemain saja karena kehilangan 3 pemain kartu merah.  

Dalam pertandingan ini, indonesia mampu unggul lebih dulu bahkan menutup babak pertama dengan keunggulan meyakinkan 2-0. Gol pertama dicetak oleh Sananta yang menanduk lemparan ke dalam Dewangga. Lalu gol kedua juga dicetak oleh Sananta setelah menerima tembakan panjang Rizky Ridho. 

Di babak kedua, Thailand bermain lebih menyerang dan Indonesia terlihat lebih bertahan. Pada akhirnya, Thailand berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-65. Anan Yodsangwal mampu menanduk sepakan pojok rekan satu timnya dengan sangat baik. 

Saat pertandingan menyisakan beberapa detik, terjadi sebuah drama yang sangat aneh. Di mana para pemain Indonesia dan staff sudah memasuki lapangan melakukan selebrasi kemenangan lebih dulu usai mendengar peluit wasit. Namun ternyata, itu bukan peluit berakhir pertandingan melainkan terjadi nya pelanggaran. 

Wasit kemudian meminta kepada para pemain dan staff Indonesia kembali ke posisinya masing-masing. Dalam keadaan yang masih kebingungan, Thailand mampu memanfaatkannya menjadi sebuah gol. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak extra time. 

Indonesia yang sebelumnya terlihat sudah letih dan sering mendapatkan tekanan, tampil menggila di extra time. Seolah mendapatkan tenaga baru, para penggawa skuad Garuda Muda tampil dengan stamina luar biasa. Indonesia pun berhasil mencetak 3 gol di babak extra time dan memastikan kemenangan menjadi 5-2. 

Di awal extra time tepatnya setelah gol Irfan Jauhari sempat terjadi keributan di pinggir lapangan. Terlihat, staf tim Thailand melakukan pemukulan terhadapan staff tim Idnoensia. Para pemain di lapangan ikut tersulut emosi sehingga ikut dalam keributan. Akhirnya, wasit banyak mengeluarkan kartu merah dalam insiden tersebut. 

Perjalanan Indonesia Raih Medali Emas di Sepakbola

Indonesia Raih Medali Emas
Perjalanan Indonesia Raih Medali Emas di Sepakbola

Perjalanan Indonesia raih medali emas di Sepakbola kali ini sangat luar biasa. Tergabung di grup A yang relatif lebih mudah, Indonesia tampil beringas dengan menjadi tim paling produktif. Di fase grup, Indonesia mengemas 13 gol dan hanya 1 kali kebobolan. Dengan kata lain, Indonesia mencetak 3,25 gol di setiap pertandingan fase grup. 

Di pertandingan pertama, indonesia menghajar Filipina dengan skor telak 3-0. Lalu di pertandingan kedua, Indonesia tidak memberi ampun Myanmar dengan menghajarnya 5 gol tanpa balas. Timor Leste menjadi korban selanjutnya dikalahkan dengan skor 3-0. Melawan Kamboja sang tuan rumah, Indonesia menang 2-1. 

Di semifinal, Indonesia bertemu dengan Vietnam yang akhir-akhir ini menjadi penghalang besar. Namun, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. Pertandingan ini pun berlangsung dramatis di mana Indonesia hanya bermain dengan 10 pemain saja sejak menit ke-60. Lalu gol Taufany di injury time babak kedua lah yang berhasil membawa Indonesia melaju ke final.

Baca Juga: Raih 87 Emas, Indonesia Capai Target di SEA Games

Di final, Indonesia mendapatkan lawan yang sangat sulit yaitu Thailand. Indonesia memiliki rekor buruk bertemu Thailand dan sering kalah di partai final SEA Games. Namun ternyata, skuad Garuda Muda mampu membuktikan bahwa mereka bisa mengakhiri penantian panjan. Dengan sangat luar biasa, skuad Garuda Muda berhasil mengalahkan Thailand dengan skor telak 5-2. 

Share.

Leave A Reply