Pertandingan Prancis vs Belanda yang berlangsung di Stade de France berakhir menyedihkan bagi The Oranye. Bagaimana tidak, Belanda tidak bisa membalas satupun gol yang dilesatkan oleh Prancis. Dalam pertandingan tersebut, Prancis berhasil menang telak dengan keunggulan 4 gol tanpa balas. Griezmann dan Upamecano  mencetak 1 gol sedangkan Mbappe menyumbangkan 2 gol.

Baca Juga: Hasil Italia vs Inggris: Tuan Rumah Tunduk 1-2

Dengan kemenangan 4 gol tanpa balas dari Belanda ini, Prancis berhasil memimpin grup B babak kualifikasi EURO 2024. Di sisi lain, Belanda harus pasrah menjadi juru kunci grup B karena kekalahan telak ini. Belanda berada di posisi ke-4 tepat di bawah Gibraltar yang kalah 3 gol tanpa balas dari Yunani. Belanda harus memetik kemenangan di pertandingan selanjutnya untuk bisa memperbaiki peringkat di klasemen. 

Jalannya Pertandingan Prancis vs Belanda

Prancis vs Belanda
Jalannya Pertandingan Prancis vs Belanda

Melihat statistik, pertandingan Prancis vs Belanda berjalan cukup sengit. Belanda memiliki penguasaan bola yang lebih banyak yaitu 59% sedangkan Prancis hanya 41% saja. Jumlah peluang yang diciptakan Belanda juga nyaris saja yaitu 11 tembakan dan 5 di antaranya tepat sasaran. Di sisi lain, Prancis melepaskan 12 tembakan dan 8 di antaranya tepat sasaran.

Penasaran bagaimana jalannya pertandingan Prancis vs Belanda tersebut? Jangan khawatir, di bawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan Prancis vs Belanda. 

Babak Pertama

Pertandingan baru berjalan 2 menit, Antoine Griezmann langsung mengejutkan Belanda melalui golnya. Bermula saat bola berhasil dicuri oleh Antoine Griezmann lalu bola mengarah  ke pemain Prancis. Kylian Mbappe lalu menyodorkan bola ke Antoine Griezmann di tengah kotak penalti dan mengeksekusinya menjadi gol. Prancis pun unggul 1-0 atas Belanda di menit ke-2 pertandingan berjalan. 

Prancis berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-8 melalui Dayot Upamecano. Bermula saat Prancis mendapatkan tembakan bebas di sisi kanan lapangan yang dieksekusi oleh Antoine Griezmann. Jasper Cillessen sempat menghalau tembakan bebas Antoine Griezmann yang melengkung cantik di depan gawang. Namun bola muntah berhasil dimanfaatkan oleh Dayot Upamecano menjadi gol. 

Di menit ke-21, Kylian Mbappe ikut mencatatkan namanya di papan skor sehingga Prancis berhasil unggul 3-0 atas Belanda. Bermula dari umpan mendatar yang secara cerdik diteruskan oleh Tchaouameni dengan beckheal nya. Pemain bertahan Belanda pun terkecoh sehingga Kylian Mbappe menerima bola tanpa penjagaan di dalam kotak penalti. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper, Mbappe berhasil mengkonversinya menjadi gol. 

Babak Kedua

Belanda memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan di menit ke-57 melalui skema tembakan bebas. Bermula saat Belanda mendapatkan tembakan bebas tepat di depan kotak penalti. Memphis Depay mengambil tembakan bebas tersebut dan mengarahkan langsung tembakan langsung ke gawang. Sayangnya, tembakan Mike Maignan berhasil menghalaunya. 

Di menit ke-78, Belanda nyaris kembali lagi kebobolan karena kesalahan pemainnya sendiri. Bermula saat pemain bertahan Belanda melakukan back pass namun tidak disambut pemain lainnya. Bola pun jatuh di kaki Kylian Mbappe yang berdiri sendirian di depan kotak penalti. Berhadapan langsung dengan kiper, Mbappe langsung melepaskan tembakan. Namun, Jasper Cillessen berhasil memblokirnya. 

Kylian Mbappe kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit menit ke-88. Bermula saat Kylian Mbappe menerima bola di depan kotak penalti lalu bergerak menusuk ke dalam kotak penalti. Meski di bayang-bayangi beberapa pemain bertahan Belanda, Kylian Mbappe masih bisa melepaskan tembakan keras. Tembakan Mbappe pun meluncur ke gawang tanpa bisa dihalau oleh Jasper Cillessen. 

Di menit-menit akhir, Belanda mendapatkan  kesempatan emas untuk memperkecil ketertinggalan. Bermula saat Upamecano melakukan handball di dalam kotak penalti. Wasit pun memberikan Belanda hadiah penalti lalu Memphis Depay maju sebagai eksekutor. Namun sayangnya, arah tembakan Memphis Depay mampu terbaca oleh Mike Maignan sehingga bola gagal masuk ke dalam gawang.

Baca Juga: Portugal Pesta Gol Dengan Tumbangkan Liechtenstein 4-0 Tanpa Balas

Tidak lama kemudian, wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan Prancis vs Belanda telah berakhir. Tidak ada juga gol balasan yang bisa dicetak oleh Belanda sehingga pertandingan berakhir dengan skor telak 4-0. Dengan hasil ini, Belanda harus pulang dengan kepala tertunduk. 

Share.

Leave A Reply