KLB PSSI telah diselenggarakan pada 16 Februari 2023 di Hotel Shangri La. Hasil KLB PSSI tersebut, memutuskan Erick Thohir resmi menjadi ketua umum yang baru menggantikan Mochamad Iriawan atau sering disapa dengan Iwan Bule. Erick Thohir menang telak dari lawannya La Nyalla Mattalitti dengan perolehan 64 suara berbanding 22 suara. 

Baca Juga: Bursa Calon Ketua PSSI Ramai, Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti Ikut Serta

KLB PSSI kali ini bertujuan untuk menentukan struktur baru untuk periode 2023-2027. Dalam kongres kalini, terdapat 86 pemilik suara yang berhak memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan juga Exco. Ke-86 pemilik suara ini, terdiri dari 18 klub liga 1, 16 klub liga 2 dan 16 klub liga 3. Lalu, 34 suara lainnya merupakan milih Asosiasi Provinsi. 

Drama Dalam Hasil KLB PSSI

Hasil KLB PSSI
Drama Dalam Hasil KLB PSSI

Selain Ketua Umum, hasil KLB PSSI juga membuahkan Ratu Tisha dan Menteri Olahraga menjadi wakil ketua umum. Akan tetapi, terpilihnya kedua nama ini tidak semulus Erick Thohir karena ada drama yang terjadi. Bahkan, pemilihan wakil ketua umum harus dilakukan ulang. 

Pada pemilihan yang pertama, nama Ratu Tisha tidak terpilih sebagai wakil ketua umum. Nama yang terpilih yaitu Zainudin Amali dan juga Yunus Nusi. kedua nama ini masing-masing meraih 66 dan 63 suara. Sedangkan Ratu Tisha hanya meraih 41 suara. 

Akan tetapi, hasil ini kemudian diprotes karena terindikasi terjadinya kecurangan. Beberapa pemilik suara protes karena suara mereka hilang dan menuntut pemilihan ulang. Mantan ketua umum Iwan Bule dan perwakilan FIFA yang hadir kemudian meminta pemilihan kembali. 

Dalam pemilihan kedua ini, nama Ratu Tisha akhirnya terpilih menjadi wakil ketua umum dengan perolehan 54 suara. Lalu, nama Yunus Nusi juga terpilih menjadi wakil kedua dengan perolehan 53 suara. Sedangkan Menteri Olahraga Zainudin Amali tidak terpilih karena hanya meraih 44 suara.

Baca Juga: PSSI Putuskan Liga 2 Dihentikan Usai Rapat Exco

Namun, setelah diumumkan Ratu Tisha dan Yunus Nusi menjadi wakil ketua umum, salah satu mengundurkan diri. Yunus Nusi ternyata mengundurkan diri dari posisinya sebagai wakil ketua umum. Karena pengunduran diri Yunus Nusi ini, Menteri Olahraga Zainudin Amali akhirnya terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI. 

Share.

Leave A Reply