Pertandingan Italia vs Inggris yang berlangsung di Stadion Diego Armando Maradona berakhir dengan kekalahan tuan rumah. Inggris yang berstatus sebagai tim ramu berhasil unggul lebih dulu di menit ke-13. Lalu di akhir babak pertama, Harry Kane ikut mencatatkan namanya sehingga membuat Inggris unggul 0-2. Italia sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-56 melalui Mateo Retegui. 

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Euro 2024, Ada Big Match Italia vs Inggris

Satu gol Harry Kane dalam pertandingan Italia vs Inggris ini membuat dirinya menjadi top skor sepanjang masa Inggris. Saat ini, Harry Kane sudah mencatatkan 54 gol dari 81 pertandingan yang dilakoninya. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Wayne Rooney dengan koleksi 53 pertandingan. Namun satu golnya dari titik putih membuatnya menggeser Wayne Rooney.

Jalannya Pertandingan Italia vs Inggris

Italia vs Inggris
Jalannya Pertandingan Italia vs Inggris

Pertandingan Italia vs Inggris ini berjalan cukup sengit di mana tim tuan rumah memiliki penguasaan bola yang cukup tinggi. Italia memiliki 58% penguasaan bola sedangkan Inggris hanya 42% saja. Namun, Inggris mampu memberikan serangan-serangan yang cukup mematikan. Tercatat, Inggris melepaskan 4 tembakan tepat sasaran sedangkan Italia hanya melepaskan 1 tembakan tepat sasaran. 

Penasaran bagaimana sengitnya jalannya pertandingan Italia vs Inggris tersebut? Jangan khawatir, ulasan mengenai jalannya pertandingan telah dirangkum di bawah ini. 

Babak Pertama

Di menit ke-8, Inggris sempat mengancam melalui Bukayo Saka. Bermula dari Jude Bellingham yang mencoba menusuk ke dalam kotak penalti berhasil dihentikan. Bukayo Saka mengamankan bola liar lalu menusuk ke dalam kotak penalti. Bukayo Saka lalu mencoba melepaskan tembakan namun terlalu lemah sehingga mudah saja diamankan oleh Donnarumma. 

Inggris kembali mengancam gawang Donnarumma di menit ke-12 kali ini melalui Jude Bellingham. Bermula saat Jude Bellingham menerima umpan di sisi kanan lapangan dengan sangat baik. Jude Bellingham mulai bergerak mendekati kotak penalti lalu melepaskan tembakan keras jarak jauh. Donnarumma berhasil menepisnya sehingga bola keluar lapangan. 

Semenit berselang, Inggris akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan di menit ke-13 melalui sepakan Declan Rice. Bermula dari sepak pojok Bukayo Saka disambut tembakan oleh Harry Kane. Tembakan Harry Kane mampu dihalau oleh Donnarumma. Bola muntah lalu mengarah ke Declan Rice dan tanpa ampun langsung menyambutnya dengan sepakan keras.

Italia sempat mengancam di menit ke-39 namun berujung gagal. Mateo Retegui menerima umpan di dalam kotak penalti namun dua pemain bertahan Inggris berhasil menghalaunya. Bola muntah dimanfaatkan oleh Spinazzola namun juga gagal mengarahkan bola ke gawang. 

Sebelum babak pertama usai, Inggris berhasil menggandakan keunggulan menjadi 0-2. Gol kedua Inggris ini dicetak oleh Harry Kane dari titik putih usai Di Lorenzo melakukan handball di area terlarang. Gol Harry Kane dalam pertandingan ini membuatnya menjadi top skor sepanjang masa Inggris melewati Wayne Rooney. 

Babak Kedua

Pemain muda Italia kelahiran Argentina Mateo Retegui berhasil mencetak gol di menit ke-56 sehingga membuat Italia memangkas ketertinggalan. Gol bermula saat Lorenzo Pellegrini melepaskan umpan terobosan ke sisi kanan gawang. Mateo Retegui yang berdiri tanpa penjagaan menerima bola dengan baik dan berhasil mencetak sebuah gol.

Di menit ke-80, Luke Shaw melakukan pelanggaran terhadap Mateo Retegui lalu wasit memberikan sebuah kartu kuning. Ini merupakan kartu kuning kedua Luke Shaw dalam pertandingan ini. Dua menit sebelumnya, Luke Shaw mengulur waktu sehingga mendapatkan kartu kuning. Karena dua kuning ini, Luke Shaw pun terpaksa harus masuk ke ruang ganti lebih cepat. 

Keluarnya Luke Shaw ini tentu membuat Italia unggul jumlah pemain. Italia pun coba memanfaatkannya. Namun sayangnya, Italia tidak mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain ini hingga waktu telah menunjukkan menit ke-90. 

Baca Juga: Skandal Barcelona Semakin Panas! UEFA Kini Ikut-Ikutan

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan Italia vs Inggris telah berakhir, skor 1-2 tetap bertahan hingga akhir. Hasil inipun membuat Inggris pulang dengan kepala tegak usai mencuri 3 poin dari kandang Italia. Inggris pun saat ini memimpin klasemen Grup C kualifikasi Euro 2024 dengan koleksi 3 poin. 

Share.

Leave A Reply