Pertandingan Indonesia vs Filipina pada SEA Games 2023 Kamboja berhasil dimenangkan oleh skuad Garuda Muda. Bertanding di Olympic Stadium, skuad Garuda Muda berhasil mengalahkan Filipina dengan skor telak 3 gol tanpa balas. Gol pertama dicetak oleh Marselino Ferdinand pada penghujung babak pertama. Dua gol lainnya dicetak oleh Irfan Jauhari dan Fajar Fatur di penghujung babak kedua. 

Baca Juga: Jangan Sampai Kelewatan, Berikut Jadwal Indonesia U22 di SEA Games 2023

Kemenangan telak Indonesia atas Filipina ini membuat skuad Garuda berhasil mengamankan 3 poin di pertandingan pertama. Saat ini, Indonesia duduk di peringkat ke-2 klasemen Grup A tepat di bawah Kamboja. Kamboja juga berhasil meraih 3 poin usai mengalahkan Timor Lester. Kamboja mengalahkan Timor Leste dengan skor telak 4 gol sehingga berada di atas Indonesia. 

Jalannya Pertandingan Indonesia vs Filipina

Indonesia vs Filipina
Jalannya Pertandingan Indonesia vs Filipina

Gol pertama skuad Garuda tercipta di penghujung babak pertama tepatnya menit 45 melalui sepakan sang wonderkid Marcelino Ferdinand. Gol bermula saat Rio Fahmi menerima bola di sisi kanan yang kosong. Rio Fahmi lalu melepaskan crossing ke tengah kotak penalti dan disambut oleh Marcelino Ferdinand dengan tembakan first time. Tembakan Marcelino meluncur ke dalam gawang tanpa bisa dihentikan. 

Sebenarnya, skuad Garuda Muda memiliki kesempatan emas untuk menggandakan kedudukan di menit ke-60. Pasalnya, Witan Sulaeman dilanggar di dalam kotak penalti oleh Rublico Santiago Colminas. Wasit pun meniup peluit lalu menunjuk titik putih untuk Indonesia. Rizky Ridho yang berstatus kapten skuad Garuda Muda maju ke titik 16 pas untuk melakukan eksekusi. Sayangnya, eksekusi yang dilakukan oleh Rizky Ridho mampu ditepis oleh Kammeraad Quincy.

Indonesia U22 baru bisa menggandakan kedudukan di penghujung babak kedua tepatnya menit ke-89 melalui Irfan Jauhari. Gol kedua skuad Garuda ini tercipta melalui permainan cantik satu dua antara Irfan Jauhari dan Taufani Muslihuddin. Irfan Jauhari pun bisa melakukan sentuhan bola di dalam kotak penalti lalu melepaskan tembakan keras. Bola tembakan Irfan Jauhari mendarat di dalam gawang Filipina. 

Tidak berselang lama, Indonesia U22 kembali menambah keunggulan menjadi 3-0 melalui sepakan keras Fajar Fatur Rahman. Bermula dari pergerakan Rio Fahmi di sisi kanan lapangan yang kemudian melepaskan sebuah umpan silang. Fajar Fatur Rahman yang berada di sisi kiri kotak penalti tidak mendapatkan penjagaan sehingga dengan leluasa menyambut bola dengan tembakan voli. Bola pun menghujam tajam ke dalam gawang tanpa bisa dihalau 

Klasemen Sementara Grup A

Indonesia vs Filipina
Klasemen Sementara Grup A

Penasaran bagaimanakah posisi klasmen sementara usai pertandingan Indonesia vs Filipina tersebut? Di bawah ini telah dipaparkan update klasemen sementara Grup A usai pertandingan Indonesia vs Filipina dan Kamboja vs Timor Leste.

Peringkat Negara Poin
1 Kamboja 4
2 Indonesia 3
3 Myanmar 0
4 Filipina 0
5 Timor Leste 0

Baca Juga: Erick Thohir Bergerak Untuk Bersih-Bersih PSSI

Nah itulah dia ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan Indonesia vs Filipina dan juga klasemen Grup A. Mampukah skuad Garuda Muda meraih medali emas di ajang SEA Games 2023 ini? Mari kita dukung terus perjuangan para punggawa Garuda Muda di SEA Games 2023 ini. 

Share.

Leave A Reply