Kopa Trophy 2022 masuk ke dalam seremoni penghargaan pemain terbaik di dunia, dan seperti yang sudah diketahui penghargaan Ballon d’Or pertama kali diberikan pada tahun 1956 yang digagas oleh penulis majalan France Football, Gabriel Hanot. Dalam perjalanannya, malam penghargaan Ballon d’Or tercatat hanya satu kali diadakan yaitu pada 2020 sebab pandemi virus corona. Tidak hanya itu saja, France Football selaku pihak yang memprakarsai penghargaan Ballon d’Or juga menambah kategori baru untuk acara seremoni. Baca juga: Daftar Nomine, Aturan Baru, dan Jadwal Ballon dOr 2022 Salah satu kategori baru dalam malam acara seremoni Ballon d’Or yaitu Kopa Trophy. Kopa Trophy Merupakan penghargaan pemain sepak bola terbaik di dunia untuk pemain-pemain U21 pada malam seremoni Ballon d’Or. 

Baca Juga : Hasil Derby Turin: Juventus Sukses Raih Poin Penuh di Kandang Torino

Penghargaan untuk pemain U21 tersebut berlangung semenja tahun 2018, dengan striker Paris Saint-Germain Kylian Mbappe, keluar sebagai pemenang pertama. Penghargaan paling prestisius untuk para pemain U21 tersebut diberikan kepada pemain yang dianggap tampil impresif selama satu musim. Pesepak bola yang berasal dari atau bermain di luar Eropa bisa masuk nominasi dan juga mendapatkan Kopa Trophy.  Pada malam gala Ballon d’Or yang digelar Selasa (1 Oktober 2022) dini hari WIB, Pablo Gavi sukses meraih Kopa Trophy 2022. Namun hasil tersebut memicu kontroversi karena banyak netizen menilai Jamal Musiala lebih layak menerima Kopa Trophy itu.

Kenapa Bukan Jamal Musiala?

Gavi Raih Kopa Trophy 2022

Gavi menunjukkan performa sangat baik pada musim 2021-2022 yang lalu, dimana ia mampu menembus tim utama Barcelona dan juga Timnas Spanyol. Tetapi apakah Gavi layak mendapatkan gelar Kopa Trophy 2022? Jamal Musiala, kandidat lainnya sebagai peraih gelar Kopa Trophy, yang juga tampil bagus di musim 2021-2022 lalu. Yang mana ia memainkan 30 laga bersama Bayern di Bundesliga, walaupun tidak selalu menjadi pemain inti. Musiala juga memainkan delapan laga pada Liga Champions.

Sama seperti Gavi, Musiala juga sudah menjalani debut bersama Timnas Jerman, bahkan di musim lalu Musiala membantu Bayern untuk meraih gelar juara Bundesliga dan DFB Super Cup. Tetapi, Musiala hanya berada di urutan ketiga peraih Kopa Trophy 2022. Lantas hal tersebut menyebabkan memicu beberapa komentar nyinyir dari warganet.

Baca Juga : Bukan Hanya Soal Prestasi, Berikut Tim Sepakbola Dengan Hutang Terbanyak

Peringkat 10 Besar Kopa Trophy 2022

  1. Gavi (Barcelona)
  2. Eduardo Camavinga (Real Madrid)
  3. Jamal Musiała (Bayern Munich)
  4. Jude Bellingham (Borussia Dortmund)
  5. Nuno Mendes (PSG)
  6. Josko Guardiola (Manchester City)
  7. Ryan Gravenberch (Ajax Amsterdam)
  8. Bukayo Saka (Arsenal)
  9. Karim Adeyemi (Borussia Dortmund)
  10. Florian Wirtz (Bundesliga Bayer Leverkusen)
Share.

Leave A Reply