Pertandingan Fiorentina vs West Ham yang berlangsung di Eden Arena berhasil dimenangkan oleh The Hammers dengan skor tipis 1-0. West Ham berhasil membuka keunggulan melalui titik putih pada menit ke-62. Namun, keunggulan West Ham hanya bertahan sebentar karen Fiorentina menyamakan kedudukan pada menit 67. Di menit akhir babak kedua, West Ham berhasil mencetak 1 gol dan bertahan hingga usai. 

Baca juga : Hasil Inter Milan vs AC Milan: Menang 1-0, Nerazzurri ke Final Liga Champions

Kemenangan tipis 1-2 atas Fiorentina membuat West Ham berhasil menjuarai Liga Konferensi Eropa musim 22/23. Ini menjadikan West Ham berhasil meraih trofi pertama di kompetisi Eropa pada era sepak bola modern. Sebenarnya, West Ham pernah meraih trofi di kompetisi Eropa namun di tahun 1965 yaitu Piala Winners dan Piala Infertoto di tahun 199. 

Jalannya Pertandingan Fiorentina vs West Ham

Jalannya Pertandingan Fiorentina vs West Ham

Jalannya Pertandingan Fiorentina vs West Ham

Jika melihat statistik pertandingan, Fiorentina lebih unggul dari West Ham. Fiorentina tercatat memiliki 68% penguasan bola sedangkan West Ham hanya 32% saja. Lalu untuk peluang, Fiorentina berhasil melepaskan 17 tembakan sedangkan West Ham hanya melepaskan 8 tembakan saja. 

Ingin tahu bagaimana jalannya pertandingan Fiorentina vs West Ham di final Liga Konferensi Eropa? Tidak perlu khawatir, di bawah ini sudah disiapkan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan Fiorentina vs West Ham. 

Babak Pertama

Di awal pertandingan, West Ham langsung mencoba mengancam pertahanan Fiorentina. Saat pertandingan baru berjalan 35 detik, Michail Antonio langsung mencoba melepaskan sebuah tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola Mengarah ke sudut bawah tiang dekat tetapi bisa diamankan oleh kiper Fiorentina Pietro Terracciano. 

Terdapat sebuah insiden yang tidak mengenakan di menit ke-34. Di mana, terdapat aksi pelemparan sebuah benda oleh suporter ke dalam lapangan. Pemain bertahan Fiorentina yaitu Cristiano Biraghi terkena lemparan tersebut sehingga darah keluar dari kepalanya. Pertandingan sempat terhenti beberapa menit untuk menenangkan situasi terlebih dahulu. 

Di penghujung babak pertama, Fiorentina sempat merobek gawang West Ham. Bermula dari umpan silang Nicolás González di sisi kanan lapangan berhasil ditanduk oleh Christian Kouamé. Tandukan tersebut mengarah ke sudut bawah gawang lalu mengenai tiang. Bola pun memantul kembali ke dalam kotak penalti dan dilanjutkan oleh Luka Jović. Usaha Luka Jović berhasil membuat bola masuk ke dalam gawang. Sayangnya, gol tidak disahkan karena Luka Jović sudah offside. 

Babak Kedua

West Ham berhasil membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-62 melalui titik putih. Penalti didapatkan oleh West Ham karena Cristiano Biraghi terlihat sengaja menyentuh bola yang sedang dikontrol oleh Jarrod Bowen. Wasit kemudian melakukan peninjauan kembali melalui VAR di pinggir lapangan dan akhirnya memutuskan memberikan penalti kepada West Ham. Said Benrahma maju untuk mengeksekusi bola dan berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. 

Hanya berselang 5 menit, Fiorentina berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Giacomo Bonaventura. Bermula dari sebuah umpan atas yang menuju ke dalam kotak penalti yang kemudian ditanduk oleh Nicolás González. Tandukan Nicolás González  berhasil membuat bola mengarah ke Giacomo Bonaventura. Meski dihalangi oleh 2 pemain bertahan West Ham, Giacomo Bonaventura berhasil melepaskan tembakan yang berbuah gol. 

Saat banyak yang mengira pertandingan akan berlanjut ke babak extra time, Jarrod Bowen berhasil mencetak gol di menit 90 sehingga membawa West Ham kembali unggul. Bermula dari serangan balik, Lucas Paqueta langsung melepaskan umpan terobosan ke arah depan. Jarrod Bowen terlepas dari jebakan offside berhasil menguasai bola sendirian dan kemudian mendekati kotak penalti. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper, Jarrod Bowen berhasil mengkonversinya menjadi sebuah gol. 

Baca juga : Pertandingan Real Madrid vs Man City di Semifinal Liga Champions Berakhir Sama Kuat 1-1

Memasuki menit ke-90+9, wasit akhirnya meniup peluit panjang tanda pertandingan Fiorentina vs West Ham telah usai. Gol Jarrod Bowen di menit 90  menjadi kunci kemenangan The Hammers sehingga pertandingan Fiorentina vs West Ham ditutup dengan skor 1-2. Dengan ini, The Hammers berhasil mem enak gan pertandingan final Liga Konferensi Eropa musim 22/23 dan berhak membawa pulang trofi serta medali. 

Share.

Leave A Reply