Tim Garuda berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan Filipina vs Indonesia di Stadion Rizal Memorial. Meski berhasil meraih kemenangan, Shin Tae Yong merasa  kecewa dengan hasil tersebut. Pasalnya, lagi-lagi para pemain timnas Indonesia banyak membuang-buang peluang. Hal ini selalu terjadi sejak pertandingan awal melawan Kamboja. 

Baca juga : Gagal Cetak Gol ke Gawang Kosong, Witan Sulaeman Jadi Sorotan

Dengan kemenangan 2-1 atas Filipina ini, tim Garuda melangkahkan kakinya ke semifinal Piala AFF. Sayangnya, Indonesia gagal mengakhiri fase grup sebagai juara grup. Indonesia hanya bisa finish di posisi runner up, di bawah Thailand karena kalah selisih gol. Dengan begitu, Indonesia nanti akan berhadapan dengan juara grup dai grup B. 

Jalannya Pertandingan Filipina vs Indonesia

Jalannya Pertandingan Filipina vs Indonesia
Jalannya Pertandingan Filipina vs Indonesia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Indonesia banyak menciptakan peluang namun terbuang sia-sia. Tercatat, Indonesia melepaskan 20 tembakan dan 7 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Filipina, hanya melepaskan 9 tembakan dan 4 di antaranya tepat sasaran. 

Penasaran dengan jalannya pertandingan Filipina vs Indonesia? Jangan khawatir, karena di bawah ini telah disiapkan ulasan singkat mengenai jalannya pertandingan Filipina vs Indonesia. 

Babak Pertama

Di menit pertama, Saddil Ramdani mendapatkan peluang usai menerima bola dari Marcelino di sisi kanan lapangan. Dari sudut sangat sempit, Saddil memutuskan untuk mengeksekusinya langsung padahal ada Witan Sulaeman yang berdiri d posisi yang lebih baik. Bola pun gagal bersarang ke dalam gawang Filipina. 

Di menit ke-3, giliran Filipina yang memberikan ancaman berbahaya dari skema sepak pojok. Nadeo Argawinata berhasil meninju sepak pojok,, namun jatuh di kaki Stephan Schrock. Dari luar kotak penalti, Stephan Schrock melepaskan tembakan ke arah gawang namun berhasil ditepis oleh Nadeo. 

Indonesia akhirnya berhasil membuka keunggulan di menit ke-21 melalui Dendy Sulistyawan. Gol bermula dari lemparan ke dalam Arhan Pratama yang sangat jauh. Lemparan ke dalam tersebut, mengarah ke tengah lapangan lalu mengenai kepala Dendy Sulistyawan. Bola meluncur ke sudut jauh gawang sehingga gagal dijangkau oleh Anthony Pinthus. 

Dendy Sulistyawan nyaris mencatatkan kembali namanya di papan skor. Di menit ke-34, Dendy melakukan pergerakan yang cukup baik di sisi kanan lapangan. Dendy melakukan gerakan cut inside dan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti . sayangnya, tembakan yang di arahkan ke tiang jauh sedikit melebar. 

Dendy lagi-lagi gagal mengonversi sebuah peluang matang menjadi gol tiga menit berselang. Bermula dari umpan panjang Marc Klok, Indonesia melancarkan serangan balik. Witan kemudian menyodorkan bola ke Dendy di sisi kiri yang berdiri tanpa penjagaan. Sayangnya, sepakan keras Dendy malah mengarah ke tribun penonton. 

Marcelino akhirnya menggandakan keunggulan Indonesia di menit ke-42. Bermula dari pergerakan Asnawi di sisi kanan, lalu menyodorkan bola ke Marcelino di depan kotak penalti. Marcelino langsung saja menyodorkan bola ke Saddil dan dikembalikan lagi ke Marcelino. Dengan tembakan ringan, Marcellino mengarahkan bola ke sudut dan tercipta gol. 

Babak Kedua

Di menit ke-66, Indonesia nyaris saja memperlebar jarak menjadi 0-3. Egy Maulana yang mendapatkan umpan terobosan menusuk di sisi kanan kotak penalti. Egy Maulana lalu mengirim umpan ke Asnawi namun gagal di sundul. Bola pun bergulir begitu saja ke sisi lain lapangan tanpa membuahkan gol. 

Di menit ke-83, Filipina berhasil memperkecil ketertinggalan melalui sundulan Rasmussen. Gol bermula dari crossing Stephan Schrock ke dalam kotak penalti berhasil disundul dengan baik oleh Rasmussen. Syahrul Fadil yang sedikit keluar gawang, tidak mampu menjangkau bola yang mengarah ke tiang jauh. 

Indonesia berpeluang untuk memperlebar jarak tiga menit berselang. Melalui serangan balik, Kambuaya membangun serangan. Sayangnya, Kambuaya terlalu lama menggiring bola sehingga berhasil diganggu oleh pemain Filipina. Padahal, Spasojevic berdiri sangat bebas tanpa penjagaan di dekatnya. Jika saja bola dibagi ke Spasojevic, kemungkinan Indonesia bisa memperlebar jarak.

Baca juga : Berikan Penalti Gaib Dalam Pertandingan Vietnam vs Malaysia, Wasit Ryuji Sato Jadi Sorotan

Wasit pun meniup peluit panjang tanda pertandingan Filipina vs Indonesia telah usai dengan skor akhir 1-2. Dengan hasil ini, maka Indonesia dipastikan  finish sebagai runner up grup A. Pasalnya, Thailand berhasil menumbangkan Kamboja dengan skor akhir 3-1. 

Share.

Leave A Reply