European Super League yang sempat hilang dari perbincangan dunia sepakbola, kembali terdengar. Kompetisi yang sempat membuat dunia sepakbola heboh bahkan ini, sempat mati suri. Namun kali ini, beberapa tim yang mendukung kompetisi ini kembali mengeluarkan suaranya. 

Baca Juga: Manchester City Kena Kasus, Berikut Ini Kronologinya

European Super League merupakan kompetisi yang siap menyaingi Liga Champions yang diusung oleh klub-klub top Eropa seperti Barcelona, Arsenal, Manchester City Juventus dan Real Madrid. Kompetisi ini, ditolak banyak pihak bahkan UEFA dan FIFA akan menjatuhkan sanksi untuk tim-tim yang mengusungnya. 

Dari 12 tim yang mengajukan kompetisi saingan Liga Champions ini, saat ini tersisa 3 ti yang ngotot yaitu Real Madrid, Barcelona dan Juventus. Berbeda dengan tahun 2021, kali ini European Super League disebutkan memiliki format baru. Dilaporkan, kompetisi ini akan diikuti oleh 60-80 klub yang ada di Eropa. Nantinya, akan dibagi menjadi 3-4 divisi. 

Kabar European Super League

European Super League
Kabar European Super League

Sebenarnya, tiga tim yang ngoto kompetisi ini tetap ada mendapatkan sanksi dari UEFA. Akan tetapi, sanksi ditangguhkan karena tiga tim ini mengajukan gugatan kepada Pengadilan Real Madrid pada 2021 silam. Setelah terhindar dari sanksi,  pengusung kompetisi ini membawa gugatan ke Pengadilan Eropa dengan klaim UEFA telah melakukan monopoli dunia sepakbola Eropa. 

Klaim yang diajukan oleh pengusung European Super League ini ditolak oleh Pengadilan Eropa. Penolakan ini karena setiap kompetisi wajib mendapatkan persetujuan dari FIFA dan UEFA yang mana sudah sesuai dengan hukum persaingan di Uni Eropa. 

Lalu pada awal tahun 2023 ini, Pengadilan Madrid mengatakan bahwa tiga tim yaitu Real Madrid, Barcelona dan Juventus tidak bisa mendapatkan sanksi. Hal ini karena, ketiga tim ini disebutkan bisa membuat kompetisi tanpa harus mendapatkan persetujuan dari FIFA ataupun UEFA. 

Baca Juga: Terbukti Memanipulasi Nilai Transfer Pemain, Juventus Kena Hukuman Pengurangan 15 Poin

Lolosnya ketiga tim dari sanksi inilah yang membuat European Super League kembali terdengar di 2023 ini. Beberapa tim besar Eropa juga sudah memberikan komentar tentang European Super League ini. Beberapa menolak dan beberapa mengatakan tidak masalah. 

Share.

Leave A Reply