Kabar yang cukup mengejutkan datang dari salah satu klub Premier League yaitu Brighton. Kabar ini disampaikan oleh Brighton melalui situs resminya menyatakan, bahwa gelandang muda mereka yaitu Enock Mwepu memutuskan untuk pensiun dini. Keputusan ini diambil karena gelandang berusia 24 tahun tersebut memiliki penyakit jantung bawaan.

Baca Juga : Segera Bentuk Tim Transformasi Sepakbola Nasional, FIFA Akan Datang Langsung ke Indonesia

Tentu ini merupakan kabar yang cukup mengejutkan, di mana usia 24 tahun merupakan usia yang muda. Ditambah lagi, Mwepu merupakan sosok pemain potensial yang dimiliki oleh Brighton. Dengan masalah jantung yang dimilikinya, maka karir Mwepu sebagai seorang pemain sepakbola telah berakhir. 

Enock Mwepu Umumkan Pensiun Dini

Enock Mwepu Terpaksa Pensiun Dini

Kondisi Enock Mwepu diketahui saat para pemain kembali ke negara asalnya untuk berlaga di FIFA Matchday saat jeda Internasional. Saat dengan dalam perjalanannya, Mwepu jatuh sakit sehingga tidak bisa membela negaranya Zambia. Bahkan, Mwepu harus mendapatkan perawatan di rumah sakit selama 4 hari. 

Mwepu pun kembali ke Inggris untuk membela klubnya yaitu Brighton. Setelah sesampainya  di  Brighton, Mwepu kemudian menjalani tes jantung lebih lanjut. Dalam pemeriksaan tersebut akhirnya diketahui bahwa pemain gelandang berusia 24 tahun tersebut memiliki penyakit jantung bawaan.

Kondisi yang dialami oleh Mwepu ini akan semakin berisiko jika dirinya terus bermain sepakbola. Tim medis juga menyebutkan bahwa jalan satu-satunya agar Mwepu tetap bisa selamat dari penyakit tersebut yaitu harus berhenti bermain sepakbola. Oleh karena itu, Mwepu akhirnya memilih untuk pensiun dini. 

Keputusan pensiun yang diambil oleh Mwepu tentu saja menyisakan kesedihan yang amat mendalam. Melalui akun Twitter pribadinya, Mwepu menyampaikan kabar pensiunnya tersebut. Ia menyebut bahwa beberapa mimpinya telah berakhir namun ini bukan akhir dari keterlibatannya di sepakbola. Mwepu mengatakan bahwa dirinya masih akan terlibat dalam sepakbola. 

Mwepu juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang telah mendukungnya. Mwepu mengucapkan terimakasih kepada agennya yaitu 12 MAN, FA Zambia dan juga rekan-rekannya yang ada di klub terutama Brighton.

Dari sisi Brighton sebagai klub yang dibela Mwepu, tidak akan lepas tangan kepada pemainnya tersebut. Brighton mengatakan akan tetap membantu memastikan kondisi Mwepu tetap dalam kondisi sehat dan berumur panjang. 

Perjalanan Karir Enock Mwepu

Enock Mwepu Terpaksa Pensiun Dini

Enock Mwepu sendiri merupakan pemain sepakbola yang lahir pada tahun 1 Januari 1998. Mwepu memulai karir sepakbola profesionalnya saat membela Kafue Celtic dan bermain sebagai gelandang. Lalu pada tahun 2017, Mwepu memutuskan bermain di Eropa dan bergabung dengan RB Salzburg. 

Bersama RB Salzburg, Mwepu tampil cukup baik dan berhasil membawa timnya menang dari Liverpool di ajang Liga Champions. RB Salzburg lalu memperpanjang kontraknya di tahun 2019 hingga 2024. Namun di tahun 2021, Mwepu memutuskan hengkang ke Premier League untuk membela Brighton.

Brighton perlu mengeluarkan 18 juta euro atau setara dengan Rp268 miliar untuk memboyong Mwepu dari RB Salzburg. Selama membela Brighton, Mwepu sudah memainkan 27 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 7 assist. Namun karirnya akhirnya berakhir di tahun 2022 karena penyakit jantung. 

Pemain Berikutnya yang Pensiun karena Penyakit Jantung

Enock Mwepu Terpaksa Pensiun Dini

Enock Mwepu bukanlah satu-satunya pemain sepakbola yang pensiun karena penyakit jantung. Sebelumnya, salah satu bintang sepakbola yaitu Sergio Aguero juga memutuskan pensiun lebih awal karena penyakit jantung. Sergio Aguero memutuskan pensiun di tahun 2021 saat membela Barcelona.

Baca Juga : Hasil Lengkap Champions League 2022-23 Matchday 4: Real Madrid dan City Pastikan Lolos 16 Besar

Saat itu, Sergio Aguero bisa dikatakan masih berada di performa yang baik meski usianya sudah menginjak 33 tahun. Mulanya, Sergio Aguero membuat kejutan dengan hengkang dari Manchester City dan berlabuh ke Barcelona.  Namun Sergio Aguero hanya mencatatkan 5 pertandingan bersama Barcelona kemudian pensiun. 

Share.

Leave A Reply