Chelsea sedang mengalami kondisi yang sangat buruk di musim 22/23. Bagaimana tidak, Chelsea terancam degradasi jika tidak segera mendapatkan hasil yang baik. Saat ini, Chelsea terdampar di peringkat ke-11 dengan koleksi 39 poin dari 31 pertandingan. Jumlah ini bahkan lebih dekat ke zona degradasi dari pada ke zona Eropa.

Baca Juga: Hasil Chelsea vs Brighton: Unggul Lebih Dulu, The Blues Akhirnya Tumbang 1-2 

Memang kondisi buruk yang dialami Chelsea sudah dapat dibantahkan lagi. Dari 31 pertandingan di Liga Inggris, Chelsea hanya mengemas lebih banyak kekalahan dari pada kemenangan. Tercatat, Chelsea mengemas 10 kemenangan, 12 kekalahan dan 12 hasil imbang. 

Situasi Sulit Chelsea di Musim 22/23

Chelsea Terancam Degradasi
Situasi Sulit Chelsea di Musim 22/23

Chelsea memulai musim 22/23 ini di bawah kendali Thomas Tuchel yang pernah membawa The Blues meraih trofi Liga Champions. Namun di awal musim, Chelsea mendapatkan hasil yang kurang konsisten. Baru di pekan ke-5, Chelsea sudah menelan 2 kekalahan dari Southampton dan juga Leeds United. 

Di Liga Champions, Chelsea juga memulainya dengan hasil yang buruk. Di pertandingan pertama fase grup, Chelsea tumbang di tangan Dinamo Zagreb yang kurang diunggulkan. Lalu di pertandingan kedua, Chelsea juga gagal menang saat menjamu RB Salzburg. Hasil buruk inilah yang akhirnya membuat Chelsea memecat Thomas Tuchel. 

Usai memecat Thomas Tuchel, Chelsea langsung menunjuk pelatih Brighton yaitu Graham Potter. Chelsea bahkan harus menebus Graham Potter yang masih terikat kontrak dengan Brighton. Graham Potter dinilai menjadi sosok penting karena berhasil membuat Brighton tampil baik di musim 22/23 ini. 

Di awal kedatangan Graham Potter, Chelsea berhasil mendapatkan hasil yang cukup baik bahkan bisa lolos dari fase grup Liga Champions. Namun, Graham Potter juga akhirnya mulai menelan hasil buruk. Dalam 14 pertandingan beruntun, Chelsea tidak  juga meraih 1 pun kemenangan. Pada akhirnya, Graham Potter juga dipecat sebelum musim berakhir. 

Saat ini, Chelsea akhirnya menunjuk sang mantan pelatih sekaligus sang legenda yaitu Frank Lampard. Penunjukkan Frank Lampard ini hanya sebagai pelatih interim saja karena Chelsea sedang melakukan pemilihan pelatih permanen untuk musim depan. 

Sayangnya, di bawah asuhan Frank Lampard Chelsea belum juga mendapatkan hasil baik. Dari 3 pertandingan pertama, Frank Lampard belum sekalipun memberikan kemenangan bagi Chelsea. Bahkan dari ketiga pertandingan tersebut semuanya berakhir dengan kekalahan. 

Chelsea Terancam Degradasi

Chelsea Terancam Degradasi
Chelsea Terancam Degradasi

Hasil buruk yang terus dialami oleh The Bleus ini membua Chelsea terancam degradasi jika tidak segera mendapatkan kemenangan. Bahkan, bisa dibilang Chelsea hampir dipastikan tidak akan ikut kompetisi Eropa sperti Liga Champions, Europa League hingga Liga Konferensi. Hal ini karena Chelsea akan kesulitan merangkak dari peringkat ke-11 hingga ke-7 dengan jarak terpaut 10 poin. 

Saat ini, The Blues hanya terpaut 12 poin dari zona degradasi. Oleh karena itu, wajar saja jika rumor Chelsea terancam degradasi terdengar kuat. Pasalnya, saat musim 22/23 menyisakan 7 pertandingan, Chelsea masih harus melakoni pertandingan yang sulit bahkan berpotensi kehilangan 12 poin. 

Beberapa lawan sulit Chelsea yaitu Man United, Arsenal, Man City dan Newcastle. Dari 4 lawan tersebut, hanya Newcastle saja yang berakhir imbang sisanya berakhir dengan kekalahan. Tidak hanya itu, Chelsea juga masih harus berhadapan dengan Brentford dan Nottingham Forest yang keduanya berhasil menahan imbang The Blues di paruh pertama. 

Baca Juga: Hasil Real Madrid vs Chelsea: Los Blancos Menang 2-0

Jika 5 dari 7 pertandingan tersisa gagal dimenangkan Chelsea, maka The Blues bisa semakin kehilangan banyak poin. Di sisi lain, Crystal Palace, Wolves dan Bournemouth yang berada di bawah Chelsea sedang mendapatkan hasil yang baik. Jadi, tiga tim ini bisa saja langsung menyalip Chelsea di papan klasemen. Jadi, Chelsea terancam degradasi bukanlah hal yang mustahil. 

Share.

Leave A Reply