Ada hal yang unik di kompetisi Eropa musim 22/23 ini. Pasalnya, ada 3 wakil Italia di final nantinya. Inter Milan memastikan diri ke final Liga Champions usai meumbangkan AC Milan. AS Roma berhasil ke final Liga Eropa usi menumbangkan Bayer Leverkusen. Lalu, Fiorentina berhasil ke final Liga Konferensi usai menumbangkan Basel. 

Adanya 3 wakil Italia di final kompetisi Eropa membuat persaingan klasemen Serie A semakin ketat. Pasalnya, jika 3 wakil ini berhasil memenangkan pertandingan final maka akan mendapatkan tiket untuk kompetisi berikutnya tanpa melihat klasemen akhir. Jadi, kemungkinan ada tim yang akan tidak dapat tiket Liga Champions meski finish di 4 besar dan seterusnya. 

Wakil Italia di Final

Wakil Italia di Final
Wakil Italia di Final

Lantas mampukan 3 wakil Italia di final ini memenangkan pertandingan masing-masing? Mari kita lihat, siapakah lawan dari masing-masing 3 wakil Italia di final kompetisi Eropa 

  • Liga Konferensi

Di Liga Konferensi, Fiorentina akan berhadapan dengan wakil Liga Inggris yaitu West Ham. Ini menjadi ajang yang sangat baik bagi Fiorentina untuk kembali meraih gelar mayor. Pasalnya, Fiorentina terakhir kali meraih gelar mayor pada musim 2000/2001 Coppa Italia. 

Selain itu, jika Fiorentina berhasil menang makan trofi Liga Konfiersini akan tetapi berada di wakil Serie. Pasalnya, musim sebelumnya Liga Konferensi berhasil dimenangkan oleh AS Roma. Ini juga menjadi pertandingan penting Fiorentina jika tetap ingin berkompetisi di Eropa musim depan. Satu-satunya cara yaitu menang di final karena Fiorentina tercecer di peringkat ke-10 Serie . 

  • Liga Eropa

AS Roma yang musim sebelumnya berhasil memenangkan Liga Konferensi, kali ini berpeluang memenangkan Liga Eropa. Dalam 2 musim berturut-turut, AS Roma berhasil mencapai ke final kompetisi Eropa di bawah asuhan Jose Mourinho. Apakah Jose Mourinho yang memiliki catatan 100% kemenangan di final kompetisi Eropa mampu membawa AS Roma kembali Juara? 

Jose Mourinho memiliki kewajiban untuk membuat AS Roma meraih trofi Liga Eropa. Selain untuk menjaga catatan apiknya, Jose Mourinho juga menjanjikan tiket Liga Champions untuk AS Roma di musim depan. Saat ini, satu-satunya cara untuk bisa mewujudkannya yaitu menang di final Liga Eropa. Pasalnya, AS Roma tercecer di peringkat ke-7 klasemen Serie A. 

Akan tetapi, pertandingan ini akan sangat sengit karena lawan AS Roma yaitu Sevilla. Wakil Spanyol ini dijuluki sebagai rajanya Liga Eropa karena catatannya yang sangat baik. Dari 6 final Liga Eropa, Sevilla berhasil memenangkan semuanya. Jadi, siapakah yang akan tetap mempertahankan rekor baiknya di final nanti. 

  • Liga Champions

Setelah terakhir kali menginjakkan kaki di final pada tahun 2013, Inter Milan kali ini berhasil mencapai final kembali. Namun, Inter Milan mendapatkan lawan yang sangat merepotkan yaitu Man City. Bahkan Inter Milan dipandang sebelah mata karena performa Man City yang sangat luar biasa di musim 22/23. 

Baca Juga: Hasil Inter Milan vs AC Milan: Menang 1-0, Nerazzurri ke Final Liga Champions

Walaupun begitu, Inter Milan tetap memiliki peluang untuk meraih SI Kuping Besar kembali. Sejak terakhir kali kalah dari  AC Monza, Inter Milan tidak lagi kalah dalam 9 pertandingan terakhir. Bahkan 8 pertandingan terakhir selalu  berakhir dengan kemenangan. 

Jadwal Final Kompetisi Eropa

Wakil Italia di Final
Jadwal Final Kompetisi Eropa

Lantas kapan 3 wakil Italia di final kompetisi Eropa tersebut akan bertanding? Tidak perlu khawatir, di bawah sudah disiapkan jadwal untuk 3 wakil Italia tersebut. 

  • Sevilla vs AS Roma (1 Juni 2023 pukul 02.00 WIB)
  • Fiorentina vs West Ham (8 Juni 2023 pukul 02.00 WIB)
  • Man City vs Inter Milan (11 Juni 2023 pukul 02.00 WIB)

Baca Juga: https://neworleansprofootball.com/liga-champions/inter-milan-vs-ac-milan-2/

Mampukah 3 wakil Italia di final Kompetisi Eropa meraih kemenangan? Apabila ke-3 wakil Italia ini berhasil menang di final, ini akan menjadi pertanda yang baik untuk bangkitnya Serie A di kompetisi Eropa 

Share.

Leave A Reply