Neymar menjadi pemain termahal Liga Arab Saudi sepanjang sejarah. Hal ini terjadi pada bursa musim panas 2023 saat Neymar tidak memiliki masa depan yang pasti di PSG. Neymar sebenarnya masih memiliki kontrak bersama PSG, namun pemain Brasil tersebut sepertinya  sudah tidak nyaman di klub Prancis tersebut. Pada akhirnya, Neymar memutuskan meninggalkan Eropa menuju Arab. 

Baca juga: Indonesia ke Piala Asia U 23 Untuk Pertama Kalinya Dalam Sejarah

Ada suatu fenomena yang cukup menggemparkan di bursa transfer musim panas 2023. Di mana, banyak pemain-pemain top Eropa yang memutuskan untuk merumput di Arab Saudi. Hal ini tidak lepas dari pergerakan klub-klub Liga Arab yang menggelontorkan banyak uang sehingga membuat banyak pemain-pemain top mulai tergiur. 

Ronaldo Picu Gelombag Eksodus

Perpindahan masal pemain-pemain top Eropa ke Liga Arab Saudi ini dimulai dari Cristiano Ronaldo. Di pertengahan musim 22/23, Ronaldo yang diputus kontraknya oleh Man United akhirnya memilih Arab Saudi sebagai pelabuhan selanjutnya. Ronaldo menerima pinangan Al Nassr dengan kontrak yang sangat fantastis bahkan termahal di dunia. 

Awal kepindahan Ronaldo ke Arab Saudi, menerima banyak cemoohan dan kritik dari berbagai pihak. Banyak yang menyebut bahwa sudah tidak ada lagi tim Eropa yang menginginkan Ronaldo sehingga harus menerima Al Nassr sebagai tempat selanjutnya. Banyak juga yang menghina bahwa Liga Arab sangat jauh levelnya dari Liga-Liga Eropa yang seharusnya tidak pantas untuk pemilik 5 Ballon d’Or tersebut. 

Namun di bursa transfer musim panas 2023, ternyata pemain-pemain top Eropa memilih untuk mengikuti jejak Cristiano Ronaldo. Di mulai dari Karim Benzema yang baru saja meraih Ballon d’Or memutuskan untuk mengakhiri karirnya di Real Madrid menuju Al Ittihad. Lalu diikuti oleh pemain-pemain top lain seperti N’Golo Kante, Firmino, Riyad Mahrez, dan masih banyak lagi. 

Pemain Termahal Liga Arab

Sudah penasaran siapa pemain termahal Liga Arab? Sebelum itu, perlu diketahui bahwa pemain termahal Liga Arab ini didasarkan biaya transfer sang pemain. Untuk itu mari simak 5 nama pemain termahal di Liga Arab berikut ini.  

  • Neymar

Berbicara pemain termahal Liga Arab tentu di urutan pertama ditempati oleh Neymar. Pemain timnas Brasil ini memutuskan mengakhiri karirnya di Eropa dan memilih berlabuh di Arab bersama Al Hilal. Untuk bisa memboyong Neymar dari PSG, Al Hilal perlu merogoh kocek sekitar 90 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun. 

Selain berstatus sebagai pemain termahal Liga Arab, Neymar juga berstatus sebagai pemain termahal di dunia. Status ini didapatkan saat PSG nekat memboyong Neymar dari Barcelona. Kala itu, PSG perlu membayar 222 juta euro atau setara dengan Rp3,6 triliun. 

  • Malcom

Al Hilal sepertinya gemar mendatangkan pemain-pemain dengan transfer yang mahal. Pasalnya, di tempat kedua ini diduduki oleh Malcom yang juga didatangkan oleh Al Hilal. Untuk bisa mendapatkan Malcom, Al Hilal perlu membayar 60 juta euro atau setara dengan Rp983 miliar ke Zenit St Petersburg. Malcom mendapatkan kontrak cukup panjang dari Al Hilal hingga tahun 2027. 

  • Ruben Neves

Ruben Neves merupakan salah satu komoditi hangat d bursa transfer Eropa. Namun ternyata, Ruben Neves memilih untuk merantau ke tanah arab dengan menerima pinangan Al Hilal. Mendapatkan banyak incaran klub-klub besar, tentu harga Ruben Neves melejit. Oleh karena itu, Al  Hilal perlu merogoh kocek yang cukup dalam sekitar 55 juta euro atau setara dengan Rp901 miliar.  

  • Fabinho

Salah satu pemain penting bagi Liverpool yaitu Fabinho mengikuti jejak pemain-pemain Eropa lainnya yang merantau ke Liga Arab. Pemain berusia 29 tahun ini memilih Al Ittihad sebagai tempat pelabuhannya. Al Ittihad perlu menebus Fabinho dari Liverpool dengan biaya 46,7 juta euro atau setara dengan Rp765 miliar. 

Baca juga: Jadwal Liga 1 Pekan 12: Banyak Big Match Menanti

  • Sergej Milinkovic Savic

Sergej Milinkovic Savic menempati tempat ke-5 sebagai pemain termahal Liga Arab. Lagi-lagi, Al Hilal perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendatangkan pemain berusia 28 tahun ini dari Lazio. Diketahui, Al Hilal perlu membayar sekitar 40 juta euro atau setara dengan Rp655 miliar untuk tanda tangan Sergej Milinkovic Savic.

Share.

Leave A Reply

Exit mobile version